PERAN TANDA VISUAL PERINGATAN PADA LINTASAN REL KERETA API TANPA PALANG PINTU DI YOGYAKARTA BAGI KESELAMATAN PENGGUNA JALAN

  • Dwi Haryanto, S.Sn
Keywords: tanda visual, perlintasan sebidang, elemen visual, sistem tanda

Abstract

Kecelakaan yang terjadi pada perlintasan sebidang kereta api tanpa pintu menjadi satu kejadian yang harus terus dicegah. Setidaknya ada upaya untuk meminimalkan resiko terjadinya kecelakaan yang dapat menimbulkan kerugian jiwa dan ekonomi. Sistem tanda menjadi salah satu fasilitas penting yang harus diterapkan di perlintasan kereta api, khususnya perlintasan tanpa palang pintu. Perannya sebagai rambu-rambu peringatan semestinya memiliki daya tarik visual sehingga dapat memicu kesadaran pengguna jalan yang akan melewati perlintasan kereta untuk selalu waspada dan sadar bahaya.

Penyajian visual yang melibatkan elemen visual berupa bentuk, warna, gambar, dan penerapan tipografi menjadi unsur utama yang diamati pada setiap bentuk visual tanda yang telah diterapkan sebagai bagian sistem peringatan di kawasan yang berbahaya tersebut.Penilitian ini terkonsentrasi pada masalah efektifitas penggunaan bentuk-bentuk visual rambu peringatan.

Akan dilihat adanya korelasi elemen visual dengan kesadaraan pengguna akan adanya resiko di perlintasan kereta api.

Published
2018-02-07