PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PADA KEMASAN PRODUK PASTA GIGI PEPSODENT

  • Drs. FX. Jarot Prasetyahadi
Keywords: kemasan, desain kemasan, prinsip dasar desain, prinsip desain kemasan

Abstract

 

Kemasan/wadah/pembungkus yang dalam bahasa asingnya  packaging, sangatlahpenting

artinya, bukan saja sebagai pelindung atas isi/barang yang ada di dalamnya, namun punya fungsi

lebih sebagai pemikat pertama ketika sebuah produk berada di etalase toko.

Sebuah kemasan yang dirancang secara khusus, dimaksudkan untuk memberikan rangsangan pada calon konsumen hingga mempengaruhi tindakan positif pembelian di tempat penjualan.

Perancangan komunikasi visual pada kemasan adalah pengorganisasian elemen-elemen visual seperti pemilihan bentuk huruf/tipografi, penggunaan unsur gambar/ilustrasi, penerapan warna yang sesuai, sampai pada pengaturan tata letak dari elemen-elemen yang ada.

Nama Pepsodent sebagai produk pasta gigi sudah tak asing lagi bagi kita, karena pepsodent merupakan pasta gigi yang tertua (pioner) di Indonesia.Dalam perkembangannya hingga sekarang ini, pepsodent telah meluncurkan berbagai varian produk pasta gigi sesuai kebutuhan masyarakat, dan menawarkan berbagai program diantaranya program pemeriksaan gigi secara gratis bagi anak-anak.

Penelitian ini akan mengkaji/menganalisis elemen-elemen visual pada kemasan Pepsodent,  apakah telah sesuai dan memenuhi prinsip-prinsip dasar desain dan prinsip-prinsip desain  kemasan yang meliputi pemilihan bentuk huruf/tipografinya, penggunaan unsur gambar/ilustrasinya, penerapan warnanya, serta pengaturan tata letak/komposisi/layout unsur-unsur yang ada, berdasarkan landasan teori yang didapat.

Published
2018-02-07