KAJIAN KREATIF PADA PAPAN REKLAME (BILLBOARD) IKLAN PERGURUAN TINGGI SWASTA DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN SEMIOTIKA KOMUNIKASI VISUAL

  • Arik Kurnianto, S.Sn., M.T.
Keywords: Billboard, iklan, semiotika, desain komunikasi visual

Abstract

Billboard termasuk media luar ruang yang banyak dimanfaatkan olehperguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi swasta di Yogyakarta dalam berpromosi.Sebagai media iklan, aspek penting dalam berpromosi melalui media billboard adalah aspek kreatif dalam pengolahan pesan baik verbal maupun visual.

Billboard sebagai media komunikasi visual dapat berdasarkan aspek kreatifnyadengan pendekatan semiotika dalam konteks desain komunikasi visual.Teori semiotik menjadi dasar utama dalam penelitian ini, terutama pada teori Pierce untuk melihat tanda meliputi ikon, indeks, dan simbol.Teori Ronald Barthes untuk melihat kode serta Ferdinand de Saussure untuk melihat makna denotatif dan makna konotatif iklan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam

menganalisa  billboard dari pesan verbal maupun visual yang digunakan.

Berdasarkan analisa kualitatif dengan pendekatan kreatif iklan dan semiotika komunikasi visual, dapat disimpulkan bahwa hampir sebagian besar billboard iklan perguruan tinggi swasta setingkat akademi dan sekolah tinggi di Yogyakarta belum menggunakan pendekatan kreatif dalam mengemas iklan.Sebagian besar penanda billboard masih terbatas pada fungsi informasi dengan mengabaikan fungsi persuasif yang seharusnya ada dalam iklan. Hal tersebut hadir dalam

penanda visual maupun verbalnya yang sebatas menampilkan logo atau identitas kampus beserta program studi yang ditawarkan.

Published
2018-02-07